Syechermania Purwokerto, Pasukan Cinta Sholawat dari Kota Satria

Ansor Kembaran ~ Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf, seorang tokoh dari kalangan habaib yang dipandang sangat sukses menyebarkan dakwah islamiah lewat sholawat. Bersama majelis Ahbabul Musthofa-nya, Habib Syech berdakwah  dari Sabang sampai Merauke bahkan hingga ke luar negeri. Tak heran bila kemudian pecinta beliau dari tahun ke tahun semakin banyak bahkan kemudian muncullah grup atau komunitas pecinta beliau yang kemudian di labeli dengan nama "Syecher Mania". Komunitas ini kemudian menyebar di berbagai kota dan tercatat lebih dari 13 komunitas telah terbentuk sesuai dengan kotanya masing masing baik di dalam maupun di luar negeri.


Berikut adalah Situs Perwakilan Syechermania yang kami ambil dari FP Syechermania Pusat : SM PUSAT: https://www.facebook.com/SYEKHERMANIA.PUSAT (PENGGAGAS AWAL).
PERWAKILAN:

Adalah Habib Haidar, sosok habib muda sekaligus seorang Santri Entreupreneur yang telah berhasil mengajak pemuda-pemudi di Banyumas untuk bergabung dalam majelis dan organisasi yang dibentuk sekaligus diketuainya. Syecher Mania (SM) Purwokerto telah berhasil menjadi wadah dan forum silaturrahim sekaligus tempat berbagi ilmu dalam kegiatan-kegiatan yang telah diagendakan dan menjadi rutinitas. Majelis SM Purwokerto yang rutin dilaksanakan tiap bulan di Masjid Wakaf Al Istiqomah, Kauman telah mendapat simpatik dari banyak orang salah satunya dari pengurus takmir masjid yang menawarkan fasilitas tempat sebagi basecamp SM Purwokerto.dan pada tanggal 2 November 2014 Syechermania Purwokerto di resmikan oleh Rabithah Alawiah Cabang Banyumas di Masjid Istiqomah Kauman Lama Purwokerto sementara penanda tanganan dokumen resmi pendirian Syecermania Purwokerto di laksanakan pada tanggal 22 November 2014 langsung oleh Habib Syech.


Dalam perjalanannya, Syechermania Purwokerto tidak hanya sukses menghimpun pemuda pemudi untuk gemar bersholawat namun mereka juga di ajak untuk mengadakan kajian ilmu. Hal ini terbukti dengan diadakannya rutinan Syecermania Purwokerto yang diselenggarakan setiap hari ahad di awal bulan yang ternyata bukan hanya diiisi dengan acara pembacaan maulid maupun sholawat namun juga kajian kitab Al Muqtathofat li ahlil bidayah. Selain itu, Syecermania Purwokerto juga mengajak para anggotanya untuk peduli kepada sesama dengan melakukan berbagai acara sosial seperti membagikan dus snack maupun kegiatan bakti sosial lainnya. 


Sesuai dengan amanat Habib Syech kepada Habib Haidar, bahwa Syechermania Purwokerto harus turut dalam menegakkan aqidah Ahlu Sunnah Wal Jama'ah Annahdliyah, nderek ulomo serta terus berdakwah tanpa niat lain selain karena Allah. Tak heran jika kemudian Syecermania Purwokerto turut ambil bagian dalam demo ketika terjadi kasus penghinaan terhadap ulama yang dilakukan oleh Oknum guru di sebuah MA Negeri di Purwokerto. Di balik kesantunan pemuda - pemudi pecinta sholawat, mereka tidak segan untuk tegas dan lantang menentang siapapun yang menghina NU dan ulama yang berakibat pada perpecahan di kalangan umat islam.



Kedepan, di harapkan Syecermania Purwokerto tetap berkarya dan eksistensinya semakin bermanfaat bagi Banyumas khususnya pemuda - pemudi yang mana sedang berada di fase pubertas dan memiliki kecenderungan melakukan hal - hal yang kurang baik. Tak hanya itu, harapan kita, ada dukungan nyata dari lembaga lain khususnya yang berafiliasi dengan organisasi NU seperti Banser, Ansor, PCNU, maupun MUI untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan - kegiatan syecermania dan sebaliknya, Syecermania Purwokerto ikut aktif dalam kegiatan - kegiatan yang dilaksanakan oleh Banom - Banom NU. 


Teruslah berkarya, Teruslah Berjaya, Dengan Sholawat mari kita raih kemulian dunia dan akhirat. Allohumma Sholli 'Alaa Muhammad. 

Disadur dari berbagai sumber

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »